MASIGNASUKAv102
6681590323845062400

Kelenteng Pasar Gede Hardjonegoro

Kelenteng Pasar Gede Hardjonegoro
Add Comments
2/02/2014

Mungkin banyak yang tahu kalau di dekat Pasar Gedhe Hardjonegoro terdapat kelenteng tempat peribadatan kaum TiongHoa. Tapi seberapa taukah anda kelenteng itu? Bahkan mungkin hanya sekedar namanya saja jarang ada yang mengetahui. Kalau begitu, mari kita bahas...

Nama kelenteng itu ialah Kelenteng Tien Kok Sie. Nama Tien Kok Sie sendiri berarti sang penjaga negara. Disebut sang penjaga negara, karena diwajibkan bagi umat yang bersembahyang di Tien Kok Sie, untuk ikut mendoakan keselamatan negara dan rakyat Keraton Kasunanan Surakarta. Ini merupakan perwujudan kerukunan beragama, karena pada saat itu Keraton Kasunana Surakarta sendiri, adalah sebuah pemerintahan yang berbentuk kerajaan Islam.

Klenteng ini sudah ada sejak pertengahan abad 17 M.Diperkirakan Tien Kok Sie hadir tak berselang lama setelah Keraton Kasunanan Surakarta berdiri, yaitu pada tahun 1745 M.

Berdasarkan catatan yang ada, klenteng Tien Kok Sie sendiri resmi digunakan sebagai tempat peribadatan Tri Darma (Budhis, Tao, Kong Hu Chu).
Konon dulunya luas Kelenteng Tien Kok Sie tercatat hingga 3 kali lipat luas sekarang.

Itulah sedikit penjelasan tentang Klenteng Tien Kok Sie, bila ada tambahan monggo disampaikan.

CMIIW

Referensi :
SoloBlitz
(http://www.soloblitz.co.id/2013/01/04/klenteng-tien-kok-sie-bukti-keharmonisan-antar-etnis/)

Images by baek2 (http://s1115.photobucket.com/user/baek2/profile)


Posted via Blogaway
Agung Nugroho Putro

Hallo! Perkenalkan saya Agung, newbie video editor, newbie blogger, and social media learner