MASIGNASUKAv102
6681590323845062400

Terasi Puger, Terasi Asli Jember

Terasi Puger, Terasi Asli Jember
Add Comments
12/20/2013
Terasi, salah satu bumbu penyedap masakan yang tentunya tak asing untuk masyarakat Indonesia. Terasi merupakan bumbu penting di kawasan Asia Tenggara. Terasi memiliki bau khas yang sangat tajam, ada yang menilai aromanya sedap, adapula yang tak suka dengan aromanya.

Di Indonesia sendiri terasi merupakan bumbu yang sudah tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Nusantara. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, memiliki terasi khas daerahnya sendiri, seperti halnya di Kota Jember. Jember merupakan kota yang berada 153 kilometer dari Surabaya. Di jember terdapat daerah bernama puger, daerah inilah daerah penghasil terasi dari Kota Jember.

Puger merupakan kecamatan yang terkenal dengan pantai, nelayan dan, masyarakat yang khas. Sebagian masyarakat Puger memproduksi terasi. Terasi puger sangat terkenal di daerah jember. Terasi ini merupakan produk asli kota jember. Rasanya yang enak dan harganya yang ekonomis, membuat terasi ini bertahan hingga saat ini.

Terasi puger dibuat dari udang yang ditumbuk dan dicampur garam, pemberian garam selain untuk memberi cita rasa terasi juga sebagai bahan pengawet alami. Selain itu pembuatan terasi puger masih tradisional, sehingga cita rasa maupun kualitas bahan baku masih terjaga dengan baik.

Menurut perajin terasi puger, untuk menghasilkan terasi dengan kualitas baik, dibutuhkan 8 kilo udang putih berukuran 10 hingga 12 cm, setelah itu udang udang ini dijemur di bawah terik matahari selama 10 hingga 12 jam, setelah itu udang siap ditumbuk, dan untuk mempercantik terasi, saat penumbukan udang diberi campuran pewarna makanan.

Penjemuran Terasi Puger

Terasi puger selain dijual di daerah jember, terasi ini telah dijual di beberapa daerah lain di Indonesia. Maka dari itu terasi ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain dikenal di Nusantara terasi Puger ternyata sudah singgah di negeri Belanda. Ini menunjukan bahwa produk lokal tak kalah bersaing dengan produk produk di luar sana.

Jadi, jangan lupa, kalau anda datang ke kota Jember sempatkan mencoba membeli produk olahan asli masyarakat puger, siapa tahu anda ketagihan. Terimakasih.

Sumber foto: www.antarafoto.com/bisnis/v1298792401/jemur-terasi


Posted via Blogaway
Agung Nugroho Putro

Hallo! Perkenalkan saya Agung, newbie video editor, newbie blogger, and social media learner

  1. Sangat Bermanfaat gan infonya..
    Kunjungi balik ya gan
    amzkomp.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Nice post! comment back! http://diverzer.blogspot.com/2013/12/abu-nawas-minta-jodoh.html

    BalasHapus
  3. mantap

    Kunjungan baliknya selalu saya tunggu - Lintas Tutorial

    BalasHapus
  4. waw,, artikel ini sangat keren kawan. Tolong kunjungan balik dan follow blogku. Agar kita dapat bekerja sama http://qyudaf1998.heck.in/

    BalasHapus
  5. waw,, artikel ini sangat keren kawan. Tolong kunjungan balik dan follow blogku. Agar kita dapat bekerja sama http://qyudaf1998.heck.in/

    BalasHapus
  6. waw,, artikel ini sangat keren kawan. Tolong kunjungan balik dan follow blogku. Agar kita dapat bekerja sama http://qyudaf1998.heck.in/

    BalasHapus
  7. kalo terasi segitu dikonsumsi sendiri pasti nggak abis2, heheh
    salam

    BalasHapus
  8. Makasih bro n sis yang telah meninggalkan jejaknya, hehe, sori baru komen, lgi sempet buka

    BalasHapus