MASIGNASUKAv102
6681590323845062400

Uniknya Batik dari Pulau Karapan Sapi

Uniknya Batik dari Pulau Karapan Sapi
Add Comments
10/04/2013

Batik, merupakan sebuah kerajinan dari Indonesia yang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Batik di Nusantara identik dengan tanah Jawa, karena di sana merupakan pusat dari kerajinan unik yang satu ini, kota kota besar seperti Jogja, Solo, dan Pekalongan merupakan kota yang telah terkenal dengan kain Batik ini.

Tapi tak disangka, sebuah pulau yang ada di sebelah utara Jawa Timur pun memiliki aset berharga bangsa Indonesia ini. Pulau tersebut ialah Pulau Madura, pulau yang terkenal akan karapan sapinya ini juga punya kain Batik yang mempunyai Motif khas Madura. Corak dan ragamnya begitu bebas dan unik. Satu helai kain batiknya dibuat dengan keterampilan individu. Di Madura sendiri, membatik merupakan budaya yang diwariskan turun-temurun.

Batik Madura mempunyai keunikan tersendiri, yaitu warnanya yang semakin lama akan semakin cerah.

Ciri batik madura adalah :

• Memiliki warna yang cerah dan beragam seperti merah, kuning, hijau, dan biru.
Walau cenderung memiliki warna yang cerah bukan berarti pewarnaan memakai bahan kimia, justru sebaliknya warna-warna tersebut dihasilkan dari pewarna alam yaitu soga alam seperti mengkudu dan tingi untuk warna merah. Daun tarum untuk warna biru, kulit mundu ditambah tawas untuk efek warna hijau. Warna terang dan gelapnya dihasilkan melalui lamanya perendaman kain selama 1 hingga 3 bulan, bahkan ada yang mencapai 1 tahun. Perendaman ini juga akan membuat warna kain batik lebih awet dari biasanya.

• Ciri yang kedua ialah Batik Madura memiliki banyak tarikan garis pada satu desainnya.
Ragam motifnya diambil dari motif tumbuhan, binatang, serta motif kombinasi hasil kreasi pembatiknya.

Batik madura sendiri, terdapat di berbagai pelosok Pulau Madura seperti Pamekasan, Bangkalan, Sumenep, dan Sampang. Terutama itu temukan di Tanjungbumi (Bangkalan) dan di Pamekasan.

Walau Batik terdapat di berbagai daerah dan bermacam macam motif, semuanya merupakan kekayaan budaya Indonesia. Maka dari itu mari kita lestarikan dan kembangkan Batik di mata dunia, dan jangan lupa untuk merayakan Hari Batik tiap tanggal 2 Oktober.

CMIIW

Sumber Artikel & Gambar: Wikipedia, Wonderfull Indonesia

hahaha
Agung Nugroho Putro

Hallo! Perkenalkan saya Agung, newbie video editor, newbie blogger, and social media learner